Minggu, 08 Maret 2020

Pengusaha Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Timor Tengah Utara

Pengusaha Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Timor Tengah Utara . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tersebut diketahui sebagai pusat pengrajin seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga Cepogo-Boyolali membangun bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke bermacam konsumen. Keahlian mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, ceret, dan lainnya akan tetapi sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk keperluan eksterior cafe, rumah, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, masa ini, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal atau manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin berkembang pesat. Banyak orderan berdatangan dari bermacam wilayah di Republik Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga semakin begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya ialah munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi website maka ingin memudahkan para industri kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi website sangat memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke padang. Tdk hanya itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke ambon.



Contoh Seni Kuningan ialah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Customer juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt punya design pribadi AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam sangat beragam akan tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini ini ialah beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil semestinya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya mau-tidak mau dikenai ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan logam nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lain, industri Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dapat memperoleh harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam wajib inovatif dan wajib menyesuaikan keinginan pasar. Kini AA Gallery nggak hanya memperoleh orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris hotel tapi telah merambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai design kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak hanya satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari bima. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin tahu cara untuk menghasilkan seni logam yang memiliki kualitas dan cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar