Minggu, 08 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Bangka Tengah

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Bangka Tengah . Desa Tumang, Boyolali-Jateng berada di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg terkenal . Desa tersebut disebut sbg sentra industri kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jateng memilih usaha rumahan kerajinan tembaga buat dipasarkan ke berbagai pasar. Keahlian mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg menjelaskan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekedar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, teko, dan lain-lain walaupun demikian sekarang ini telah beralih ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan dekorasi hotel, gedung, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, kini, mulai menggeliat dg naiknya orderan, baik orderan nasional atau manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Tercinta dan luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan bertambah sangat signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya adalah adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi website cukup membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke balikpapan. Tak sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke makassar.



Contoh Seni Logam Kuningan adalah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Customer juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka dapat mempunyai design sendiri lalu AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin saja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam cukup beragam walaupun demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Dibawah ini ini adalah banyak faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi sebab bahan baku yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya juga murah sebab bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya sudah sewajarnya auto ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Problem lainnya, pengrajin Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dapat memperoleh harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu menginginkan stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak sekedar memperoleh orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi rumah tetapi telah merambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah dapat mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak sekedar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari parepare. Dengan modal pengalaman puluhan thn memproduksi seni logam, AA Gallery semakin tahu metode untuk memproduksi seni logam yg bermutu dan cocok yg diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar