Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Buton

Perajin Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Buton . Perkampungan Tumang, Boyolali posisinya diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan tersebut disebut sbg pusat perajin kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jateng memilih usaha rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan hanya membuat alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, juga lain-lain walaupun demikian sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan dekorasi hotel, gedung, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali, masa ini, mulai bergairah dengan meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal atau manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terelakan. Banyak pesanan datang dari berbagai wilayah di Negara Kita juga manca negara. Permintaan kerajinan kuningan semakin signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya ialah hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka ingin membantu para produsen kerajinan logam buat mempromosikan produknya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi website sangat membantu para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke bukit tinggi. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palopo.



Contoh Seni Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa punya desain sendiri selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan sangat beragam walaupun demikian AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini ini ialah lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal karena bahan yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya semakin murah karena bahan yang dipakai semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain semestinya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Problem lain, ahli Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh karena tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diharuskan inovatif juga diharuskan menyesuaikan permintaan pasar. Sekarang AA Gallery tidak hanya menerima pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris rumah namun telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak hanya satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center tersebut telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari solo. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk membuat seni tembaga yang berkualiti juga sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar