Senin, 14 Oktober 2019

Kubah masjid di Kota Pangkal Pinang

kayaknya beda dengan kubah masjid di Kabupaten Minahasa Selatan meskipun mempunyai tampilan yg serupa. Hal tsb tidak mengapa dikarenakan digunakannya kubah masjid merupakan untuk memperindah bangunan masjid. Perbedaan kubah masjid diberbagai daerah justru bertambah memperkaya budaya Republik Indonesia . Kubah masjid merupakan salah satu unsur arsitektur yg terus-menerus digunakan pada pada umumnya bangunan masjid. Kubah terawal kemungkinan besar merupakan atap pondok primitif, yg diproduksi dari dahan kayu sbg rangka serta dipadatkan dengan selut serta lumpur. Ataupun memanfaatkan batu sbg sangga. Contoh kubah mirip ini dapat ditemui di dlm kubur Mikene di Yunani serta dlm arsitektur Sisilia di Italia. Kubah-kubah tsb sekadar digunakan untuk bangunan-bangunan yg mungil. Pada Abad Pertengahan tatkala pemerintahan kerajaan Romawi, singgah kubah telah diciptakan untuk memungkinkan wujud kubah yg bulat diletakkan di atas bangunan berbentuk segi empat. Demikian ini membuat penggunaan kubah bertambah meluas. Bentuk awal Masjid Madinah cukup sederhana serta berdasarkan Prof K Cresswell, dlm Early Muslim Architecture kesempatan tsb kubah belum dikenal oleh umat Islam sehingga. Lambat-laun kubah mjd simbol arsitektur Islam paling modern, yg seakan-akan harus ada pada masjid-masjid kinyis-kinyis di Asia Tenggara. Sekarang Ini kubah masjid dapat kalian saksikan pd atap suatu masjid hampir di semua Asia Tenggara. Kubah masjid berwujud mirip separuh bola besar dengan terdapat kerucut yg permukaannya melengkung keluar. Disamping tsb juga ada kubah masjid yg berbentuk pring sehingga disebut dengan 'kubah piring'. Kubah masjid yg dinamakan 'kubah piring' dikarenakan oleh puncak kubah masjid yg rendah serta dasar yg besar. Disamping tsb juga dikenal kubah masjid 'kubah bawang'. Disebut kubah bawang dikarenakan tampilan kubah masjid tsb hampir menyerupai wujud bawang.

Sebagaimana kalian jumpai di banyak masjid di semua dunia bahwa kubah diletakkan di tempat tertinggi di atas bangunan suatu masjid. Kubah masjid diletakkan di atas rangka bangunan petak dengan memanfaatkan singgah kubah (pendentive). Kubah masjid pada umumnya mirip suatu gerbang yg diputarkan pada rangka penyangganya. Maknanya kubah masjid mempunyai kekuatan struktur yg cukup besar. Kubah masjid tidak sekadar dapat diproduksi dari batu bata atau beton saja, namun kubah masjid dapat diproduksi dari kuningan atau tembaga. Kubah masjid dari tembaga masa ini banyak disenangi banyak umum dikarenakan mempunyai banyak kelebihan. Apa saja kelebihan kubah masjid tembaga ? Kubah masjid tembaga lbh awet dikarenakan bebas korosi. Kubah masjid tembaga jg bebas panas, bebas dingin bebas hujan. Kubah masjid tembaga terlihat lbh indah. Kubah masjid tembaga bebas bocor. Kubah masjid tembaga bebas lumut sehingga lbh gampang untuk dibersihkan.

Bentuk kubah masjid terkadang mirip di lebih dari satu tempat, namun kadang-kadang beda antara satu daerah dengan daerah yg lain tergantung budaya setempat, tergantung kemampuan finansial masing-masing pengelola masjid, tergantung keinginan jamaah suatu masjid. Kalian dapat menjumpai tampilan kubah masjid yg berbeda-beda di semua dunia. Namun pada umumnya meskipun beda, secara publik bentuknya mirip . Bentuk kubah masjid bisa saja beragam dikarenakan sesuai dengan budaya serta tempat kalian Muslim tinggal. Hampir di tiap-tiap negara berpenduduk Muslim mempunyai masjid berkubah. Umpama anda kepingin membuat kubah masjid yg beda dengan yg lain, maka AA Gallery kesempatan ini juga siap mjd mitra anda. Sebagai salah satu komponen arsitektur masjid, sejatinya kubah tidak sekadar menampilkan kemegahan serta keindahan belaka. Lebih dari tsb, kubah juga mempunyai kemanfaatan sbg penanda arah kiblat dari bagian luar serta menerangi bagian interior masjid.
Pada abad ke-12 M, kubah mjd contohnya lambang arsitektur nasional Mesir dlm struktur kalian Islam. Dari masa ke masa, tampilan kubah pada masjid juga terus perubahan mengikuti jalannya teknologi. Kubah mjd ornamen yg cukup identik dengan bangunan masjid atau tempat ibadah umat Islam. Walau Demikian telah mjd hal yg identik dengan masjid, namun bukan bermakna kubah mjd syarat mendasar untuk mendirikan sebuah tempat ibadah. Tdk sedikit pula masjid-masjid yg tidak memanfaatkan kubah. Sekarang Ini kubah tembaga bisa di pesan kepada para perajin logam tembaga contohnya http://tembagakuningan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar